Selasa, 01 Agustus 2017

Adil terhadap Rakyat (Orang-Orang yang Dipimpin)





Syaikhul Islam berkata dalam Majmú’ al-Fatáwá:
Perkara manusia di dunia akan lebih baik bersamaan dengan keadilan yang pada keadilan tersebut tercampur dengan berbagai macam dosa daripada baiknya perkara manusia bersamaan dengan kezhaliman dalam hak-hak, walaupun tidak tercampur dengan dosa. Krnnya, ada yang berkata: Sesungguhnya Alloh akan menegakkan Negara adil, walaupun Negara kafir dan Alloh tidak akan menegakkan Negara zhalim, walaupun Negara Islam. Ada yang berkata: Dunia akan langgeng bersamaan dengan keadilan dan kekufuran; dan dunia tidak akan langgeng bersamaan dengan kezhaliman dan Islam.

Sungguh Nabi صلى الله عليه وسلم tlh bersabda:
ليس ذنب أسرع عقوبة من البغي وقطيعة الرحم
“Tidak ada dosa yang lebih cepat dapet hukuman daripada berbuat zhalim dan memutuskan silaturahim.” (ash-Shahíhah). Orang yang zhalim akan terjatuh di dunia, walaupun dapet ampunan dan rohmat di akhirat.

Krnnya, sesungguhnya keadilan adlh peraturan setiap perkara. Bila perkara di dunia ditegakkan di atas keadilan maka dunia akan tegak, walaupun pelakunya tidak memiliki keimanan yang ia akan dibales di akhirat krnnya. Di dunia, jiwa manusia mendorong kepada kezhaliman terhadap orang lain dengan (ingin) lebih tinggi darinya, hasad kepadanya, dan melanggar haknya.

Pendorong kezhaliman pada jiwa manusia menginginkan syahwat-syahwat keji, seperti zina dan makan haram. Jiwa manusia kadang menzhalimi orang yang tidak menzhaliminya dan mengedepankan syahwat ini, walaupun ia tidak mengerjakannya. Bila jiwa manusia melihat teman-temannya tlh berbuat zhalim dan menikmati syahwat-syahwat ini, maka pendorong syahwat-syahwat ini atau kezhaliman padanya menjadi lebih besar. Kadang jiwa manusia bisa bersabar, namun hal tersebut menggelorakan jiwanya untuk membenci orang lain tersebut, menghasadinya, menuntut untuk menghukumnya, dan berusaha untuk menghilangkan kebaikan darinya, yang hal tersebut tidak ada pada dirinya sblmnya.

Sumber: ضوابط الأمر بالمعروف و النهي عن المنكر عند شيخ الإسلام ابن تيمية للشيخ علي حسن الحلبي

🏻 Rohmatulloh Ngimaduddin, Lc
      

📱 Grup whatsapp "بيان الحق", Gabung:  085741351620

Tidak ada komentar:

Posting Komentar