Rabu, 14 November 2018

Aku Beriman kepada Alloh dan kepada Apa yang Datang dari Alloh Sesuai yang Dimaksudkan Alloh


قال الإمام أبو عبد الله محمد بن إدريس الشافعي رضي الله عنه: آمنت بالله وبما جاء عن الله، على مراد الله، وآمنت برسول الله، وبما جاء عن رسول الله على مراد رسول الله.
وعلى هذا درج السلف وأئمة الخلف رضي الله عنهم، كلهم متفقون على الإقرار والإمرار والإثبات، لما ورد من الصفات في كتاب الله وسنة رسوله من غير تعرض لتأويله. وقد أمرنا بالاقتفاء لآثارهم، والاهتداء بمنارهم  وحذرنا المحدثات وأخبرنا أنها من الضلالات، فقال النبي صلى الله عليه وسلم: عليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين المهديين من بعدي، عضوا عليها بالنواجذ، وإياكم ومحدثات الأمور، فإن كل محدثة بدعة، وكل بدعة ضلالة.

Ibnu Qudamah al-Maqdisi رحمه الله berkata:

Imam Abu Abdulloh Muhammad bin Idris asy-Syafi’i رضي الله عنه berkata, “Aku beriman kepada Alloh dan kepada apa yang datang dari Alloh sesuai yang dimaksudkan Alloh, dan aku beriman kepada Rasululloh dan kepada apa yang datang dari Rasululloh sesuai yang dimaksudkan Rasululloh.”

Di atas ini, kaum salaf dan para imam khalaf رضي الله عنهم berjalan, mereka semua sepakat untuk menetapkan, membiarkan, dan itsbat terhadap sifat-sifat Alloh yang datang dalam al-Qur’an dan Sunah Rasul-Nya tanpa mengusiknya dengan ta’wil. Sungguh kita tlh diperintahkan untuk mencukupkan diri dengan atsar-atsar mereka dan mengambil petunjuk dari menara mereka, kita tlh diberi peringatan dari perkara-perkara baru, dan kita tlh diberi tahu bahwa perkara-perkara baru tersebut termasuk kesesatan. Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda:
عليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين المهديين من بعدي، عضوا عليها بالنواجذ، وإياكم ومحدثات الأمور، فإن كل محدثة بدعة، وكل بدعة ضلالة
“Wajib bagi kalian untuk berpegang dengan Sunahku dan Sunah para khulafa’ ar-Rasyidin yang mendapet petunjuk setelahku. Gigitlah sunah-sunah tersebut dengan gigi geraham kalian. Hati-hatilah kalian dari perkara-perkara baru (dalam agama). Sesungguhnya setiap perkara baru adalah bid’ah dan setiap bid’ah adalah sesat.”
( لمعة الاعتقاد لابن قدامة المقدسي )

Syaikh Utsaimin رحمه الله berkata:
Perkataan Imam Syafi’i mengandung hal-hal sebagai berikut:

1- Beriman kepada apa yang datang dari Alloh di dalam al-Qur’an yang gamblang di atas apa yang Alloh maksudkan tanpa menambah, tanpa mengurangi, dan tanpa mentahrif.

2- Beriman dengan apa yang datang dari Rasululloh صلى الله عليه وسلم dalam Sunah Rasululloh صلى الله عليه وسلم di atas apa yang dimaksudkan Rasululloh صلى الله عليه وسلم tanpa menambah, tanpa mengurangi, dan tanpa mentahrif.

3- Dalam perkataan ini terdapet bantahan terhadap para pelaku ta’wil dan para pelaku tamtsil, karena setiap dari mereka tidak beriman dengan apa yang datang dari Alloh dan Rasul-Nya di atas yang dimaksudkan Alloh dan Rasul-Nya. Para pelaku ta’wil mengurangi dan para pelaku tamtsil  menambah.

Jalan kaum salaf yang mereka berjalan di atasnya dalam sifat-sifat Alloh adalah iqrar (menetapkan) dan itsbat (menetapkan) apa yang datang dari sifat-sifat Alloh dalam al-Qur’an dan Sunah Rasul-Nya tanpa mengusik dengan menta’wilnya dengan apa yang tidak sesuai dengan yang dimaksudkan Alloh dan Rasul-Nya.
( تعليق مختصر على كتاب لمعة الاعتقاد الهادي إلى سبيل الرشاد للعثيمين )


✍🏻Rohmatulloh Ngimaduddin, Lc
       …

════❁✿📓📓📓✿❁════

Grup Whatsapp : https://chat.whatsapp.com/B4U8s75BCHE0qrcIhql34h

Tidak ada komentar:

Posting Komentar