Selasa, 20 Juni 2023

Alloh Memerintahkan untuk Menegakkan Keadilan

 Alloh berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاءَ لِلَّهِ وَلَوْ عَلَى أَنْفُسِكُمْ أَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ إِنْ يَكُنْ غَنِيًّا أَوْ فَقِيرًا فَاللَّهُ أَوْلَى بِهِمَا فَلَا تَتَّبِعُوا الْهَوَى أَنْ تَعْدِلُوا وَإِنْ تَلْوُوا أَوْ تُعْرِضُوا فَإِنَّ اللَّهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرًا

“Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Alloh walaupun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Bila ia kaya ataupun miskin, maka Alloh lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Alloh adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan.”

 

Ibnu Katsir berkata, “Alloh memerintahkan para hamba-Nya kaum mukminin untuk mereka menegakkan al-qisth, yaitu keadilan. Mereka tidak boleh menyimpang dari keadilan dengan ke kiri dan tidak pula ke kanan. Mereka tidak takut celaan orang yang mencela di jalan Alloh. Tidak memalingkan mereka dari keadilan suatu pemaling pun. Hendaknya mereka tolong menolong, saling membantu dalam keadilan.

 

Firman Alloh, “Menjadi saksi karena Alloh.” Sebagaimana firman Alloh:

وَأَقِيمُوا الشَّهَادَةَ لِلَّهِ

“Hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah.” Yaitu hendaknya melaksanakan kesaksian tersebut mengharapkan wajah Alloh. Ketika itu, kesaksian tersebut benar dan adil, tidak mengandung penyimpangan, penggantian, dan penyembunyian. Karenanya Alloh berfirman, “Walaupun terhadap dirimu sendiri.” Yaitu bersaksilah dengan kebenaran, walaupun kemudharatannya kembali kepadamu. Apabila kamu ditanya tentang suatu perkara, maka katakanlah dengan benar padanya. Walaupun kemudharatannya akan menimpamu. Sesungguhnya Alloh akan menjadikan orang yang taat kepada Alloh kelapangan dan jalan keluar dari setiap perkara yang menyempitkannya.”

 

تفسير القرآن العظيم

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar