Kamis, 22 Juni 2023

Syarh "Alloh Menguatkan Agama Ini dengan Seorang Lelaki Fajir"

 

Soal: Apa makna hadis yang berbunyi:

إن الله ليؤيد هذا الدين بالرجل الفاجر

“Sesungguhnya Alloh menguatkan agama ini dengan seorang lelaki fajir.” (Muttafaq ‘alaih). Apa maksud hadis ini?

 

Jawab:

 

Hadis ini ada dalam ash-Shahîhain. Dalam lafazh Bukhari dari Abu Hurairah رضي الله عنه berkata:

شهدنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال لرجل ممن يدعي الإسلام: " هذا من أهل النار " فلما حضر القتال قاتل الرجل قتالا شديدا، فأصابته جراحة فقيل: يا رسول الله: الذي قلت: " إنه من أهل النار"، فإنه قد قاتل اليوم قتالا شديدا وقد مات. فقال النبي صلى الله عليه وسلم: " إلى النار ". قال: فكاد بعض الناس أن يرتاب، فبينما هم على ذلك إذ قيل: إنه لم يمت، ولكن به جراحا شديدة، فلما كان من الليل لم يصبر على الجراح فقتل نفسه. فأخبر النبي صلى الله عليه وسلم بذلك فقال: " الله أكبر، أشهد أني عبد الله ورسوله " ثم أمر بلالا فنادى بالناس: إنه لا يدخل الجنة إلا نفس مسلمة، وإن الله ليؤيد هذا الدين بالرجل الفاجر.

 

Kami menyaksikan bersama Rasululloh , lalu Rasululloh berkata kepada seorang lelaki dari orang-orang yang mengaku Islam, “Ini termasuk penghuni Neraka.” Tatkala perang berlangsung, lelaki tersebut berperang dengan sangat berani. Lalu ia terluka. Ada yang berkata, “Wahai Rasululloh, yang engkau katakan ia termasuk penghuni Neraka, ia hari ini berperang dengan sangat berani. Ia telah meninggal dunia. Nabi berkata, “Ia ke Neraka.”

Abu Hurairah berkata: Hampir saja sebagian manusia ragu. Tatkala mereka demikian, tiba-tiba ada yang berkata, “Ia belum meninggal dunia. Akan tetapi ia terluka dengan luka yang parah.” Di malam harinya, ia tidak sabar terhadap lukanya, lalu ia bunuh diri. Nabi diberitahu akan hal tersebut. Maka Nabi berkata, “Alloh Maha Besar. Saya bersaksi bahwa saya adalah hamba Alloh dan Rasul-Nya.” Lalu Nabi memerintahkan Bilal dan Bilal menyeru kepada manusia, “Sesungguhnya tidak akan masuk Surga kecuali jiwa yang tunduk patuh kepada Alloh. Sesungguhnya Alloh menguatkan agama ini dengan seorang lelaki fajir.”

 

Maknanya, sesungguhnya Alloh menolong agama Islam dan memuliakannya dengan seorang yang fasik, tidak adil.”

 

Kita memohon taufik kepada Alloh. Semoga shalawat dan salam Alloh terlimpahkan untuk Nabi kita Muhammad, keluarganya, dan para sahabatnya.

 

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

 

Ketua: Syaikh Abdul Aziz bin Abdulloh bin Baz

Wakil: Syaikh Abdur Razaq Afifi

Anggota: Syaikh Abdulloh Ghudayan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar