Senin, 10 Juli 2017

Firqah Najiyah



Soal: Siapa firqah najiyah itu dan apa sifat-sifatnya?

Jawab:

Firqah najiyah (golongan yang selamat) adlh golongan yang berpegang dengan apa yang Nabi صلى الله عليه وسلم datang dengannya. Mereka adlh ahlus sunnah wal jama’ah, firqah najiyah. Mereka adlh orang-orang yang beriman kepada Alloh dan Rasul-Nya, mereka istiqamah di atas agama Alloh, mereka beriman kepada setiap perkara yang dikabarkan oleh Alloh dan Rasul-Nya, mereka berjalan di atas manhaj Rasululloh صلى الله عليه وسلم dengan melaksanakan kewajiban-kewajiban Alloh dan meninggalkan keharaman-keharaman Alloh. Beriman bahwa Alloh di atas ‘Arsy bersemayam di atasnya, bersemayam sesuai dengan kemuliaan dan keagungan-Nya. Bahwasanya Alloh diberi nama dengan nama-nama yang baik, disifati dengan sifat-sifat yang tinggi. Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya dan Dia Maha Mendengar Maha Melihat.

Mereka adlh ahlus sunnah wal jama’ah. Mereka adlh firqah najiyah. Umat terpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan, semuanya masuk Neraka kecuali satu golongan. Golongan yang satu ini adlh firqah najiyah. Mereka beriman kepada Alloh dan Rasul-Nya, beriman kepada nama-nama Alloh dan sifat-sifat-Nya, beriman bahwa Alloh yang berhak ditujukan kepada-Nya peribadatan dan bagi-Nya kebenaran. Dia di atas ‘Arsy bersemayam di atasnya, bersemayam sesuai dengan keagungan-Nya. Dia diberi nama dengan nama-nama yang baik dan dengan sifat-sifat yang tinggi, yang datang dalam al-Qur’an al-Aziz dan sunnah shahihah yang suci.

Mereka adlh thaifah manshurah (golongan yang mendapet pertolongan) sampai tegaknya Kiamat, walaupun mereka sedikit, walaupun mereka sedikit di mana pun mereka berada. Adapun yang tujuh puluh dua golongan, mereka diancam dengan Neraka. Di antara mereka ada orang kafir dan di antara mereka ada pelaku bid’ah yang tidak kafir. Mereka adlh orang-orang yang menyimpang dari jalan salaf. Akan tetapi kadang orang yang menyimpang tersebut, orang kafir dan kadang orang yang tidak kafir. Tujuh puluh dua golongan tersebut, semuanya diancam dengan Neraka. Di antara mereka ada yang kafir dan pelaku bid’ah. Di antara mereka ada yang bid’ahnya memasukkan mereka ke dalam kaum kafir dan di antara mereka ada yang bid’ahnya tidak sampai kepada kekufuran.

Al-Mufti: Syaikh Bin Baz

🏻 Rohmatulloh Ngimaduddin, Lc
      

════ ❁✿ 📓📓📓✿❁ ════

📱 Grup whatsapp "بيان الحق", Gabung: ~+6287700383901~ 085741351620

Tidak ada komentar:

Posting Komentar