Sabtu, 29 Juli 2017

Generasi Terbaik Umat Islam: Para Sahabat, Lalu Para Tabi’in, Lalu Para Tabi’ut Tabi’in





خيركم قرني ثم الذين يلونهم ثم الذين يلونهم ثم يكون بعدهم قوم يشهدون ولا يستشهدون و يخونون و لا يؤتمنون وينذرون ولا يوفون و يظهر  فيهم السمن
#صحيح الجامع

“Sebaik-baik kalian adlh generasiku, lalu generasi berikutnya, lalu generasi berikutnya, lalu (datang) stlh mereka, suatu kaum yg bersaksi padahal mereka tidak diminta untuk bersaksi, mereka berkhianat dan tidak bisa dipercaya, mereka bernadzar dan tidak melaksanakan nadzarnya, dan nampak gemuk tubuh mereka.” (Shahíhul Jámi’)

Al-Munawi berkata dalam at-Taisír bisyarh al-Jámi’ ash-Shaghír: “Sebaik-baik kalian adlh generasiku,” yaitu penghuni generasiku, yaitu para sahabat Nabi. Mereka lebih mengenal Alloh dan lebih kuat keyakinannya daripada para ulama tabi’in  yang datang stlh mereka, walaupun di antara tabi’in ada yang lebih berilmu dalam berfatwa dan hukum-hukum agama daripada para sahabat. “Lalu generasi berikutnya, lalu generasi berikutnya, lalu generasi berikutnya, lalu (datang) stlh mereka,” yaitu stlh tiga generasi. “Suatu kaum,” sebagai subyek yang “berkhianat dan tidak bisa dipercaya, bersaksi padahal mereka tidak diminta untuk bersaksi,” sebagai sifat bagi kaum tersebut. “Mereka bernadzar dan tidak melaksanakan nadzar mereka.” “Dan nampak gemuk tubuh mereka,” yaitu mereka menyenangi berbagai makanan yang menyebabkan kegemukan, mengkonsumsi penggemuk badan, atau membanggakan sesuatu yang tidak ada pada mereka.

Ibnu al-Mulaqqin berkata dalam at-Taudhíh lisyarh al-Jámi’ ash-Shahíh:
“Mereka bersaksi padahal mereka tidak diminta untuk bersaksi,” yaitu bersegera untuk bersaksi. Ini pada hak manusia, bukan pada hak Alloh. Ada yang berkata, “Bersaksi dengan apa yang tidak mereka dengar.”

“Mereka berkhianat dan tidak bisa dipercaya,” yaitu mereka berkhianat pada perkara yang tidak diamanahkan kepada mereka. Bagaimana kalau mereka diberi amanah? Mereka lebih besar pengkhianatannya.

“Dan nampak gemuk tubuh mereka,” ini semisal sabda Nabi:
ألا أخبركم بأهل النار؟ كل جعظري جواظ
“Maukah aku kabarkan kepada kalian dengan penduduk Neraka? Setiap Ja’zharry Jawwazh.” Yaitu banyak dagingnya (gemuk) dan buruk dalam hak orang.

🏻 Rohmatulloh Ngimaduddin, Lc
      

📱 Grup whatsapp "بيان الحق", Gabung:085741351620

Tidak ada komentar:

Posting Komentar