Sabtu, 22 Juli 2017

Kurma Ajwah





من تصبح بِسبع تمرات عَجْوَة لم يضرّهُ ذَلِك الْيَوْم سم وَلَا سحر. رواه البخاري. وَفِي لفظ: من عَجْوَة الْعَالِيَة. وَفِي لفظ: من أكل سبع تمرات مِمَّا بَين لابتيها.

“Siapa yang di waktu pagi makan tujuh kurma Ajwah, maka tidak akan memudharatkannya racun dan tidak pula sihir pada hari tersebut.” (HR. Bukhari). Dalam riwayat lain, “Dari kurma Ajwah ‘áliyah.” Dalam riwayat lain, “Siapa yang makan tujuh kurma di antara dua lábah (haroh) Madinah.”

Ibnu al-Jauzí berkata dalam Kasyf al-Musykil min Hadis ash-Shahíhain:

Makna “Siapa yang di waktu pagi,” yaitu makan tujuh kurma Ajwah di waktu pagi, sblm ia makan sesuatu. Ajwah adlh satu jenis kurma yang ada di Madinah. Al-‘Áliyah adlh satu tempat di Madinah. Al-Khathabi berkata, “Keberadaan kurma Ajwah melindungi dari racun dan sihir, sesungguhnya ia dari jalan tabaruk sebab doa Rasululloh yang terdahulu pada kurma tersebut. Bukan bahwa tabiat kurma tersebut bisa membuat sesuatu (bahan) dari hal tersebut (penolak racun dan sihir).”

Sabda Nabi, “Di antara dua lábah (haroh) Madinah,” lábah adlh haroh, yaitu tanah yang ditutupi batu-batu hitam.

Lábah di timur Madinah dinamakan dengan Wáqim dan lábah yang di barat Madinah dinamakan dengan al-Wabroh.

Imam Nawawi berkata dalam Syarh Shahíh Muslim:

Al-Qadhi berkata, “Jarak terdekat al-‘Áliyah (dengan Madinah) adlh tiga mil dan jarak terjauhnya adlh delapan mil.”
Ajwah adlh satu jenis yang bagus dari kurma. Dalam hadis-hadis ini menunjukkan keutamaan kurma Madinah, Ajwahnya, keutamaan makan tujuh kurma di waktu pagi dari kurma Madinah, dikhususkannya kurma Ajwah Madinah bukan selainnya, dan bilangan tujuh dari perkara-perkara yang diketahui oleh Penetap syariat dan kita tidak mengetahui hikmahnya, sehingga wajib beriman dengannya, meyakini keutamaannya, dan hikmah padanya. Ini semisal bilangan shalat, nishab zakat, dan semisalnya. Ini yang benar dari hadis ini.

🏻 Rohmatulloh Ngimaduddin, Lc
      



📱 Grup whatsapp "بيان الحق", Gabung:  085741351620

Tidak ada komentar:

Posting Komentar